DAFTAR SEKARANG
Sekilas Info
Selamat Datang di Website Resmi PMB UNJANI | ...Selengkapnya

Waspada Penyebaran Penyakit di Musim Pancaroba

Beranda / Blog / / Waspada Penyebaran Penyakit di Musim Pancaroba
July 3, 2024
admin

Musim pancaroba, peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya, sering kali membawa berbagai masalah kesehatan. Pergantian cuaca yang tidak menentu, suhu yang fluktuatif, serta peningkatan kelembapan menjadi penyebab utama munculnya berbagai penyakit. Penyakit-penyakit seperti flu, demam berdarah, ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), hingga penyakit kulit menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat.

Saat musim pancaroba tiba, risiko terkena penyakit meningkat tajam. Banyak masyarakat yang terkejut dengan perubahan cuaca yang tiba-tiba, sehingga tidak siap secara fisik maupun mental untuk menghadapi dampaknya. Kelemahan sistem imun akibat perubahan cuaca yang drastis menyebabkan tubuh rentan terhadap serangan virus dan bakteri. Flu dan ISPA menjadi penyakit yang paling umum, sementara genangan air akibat hujan yang tidak teratur menjadi sarang nyamuk Aedes aegypti, pembawa virus dengue penyebab demam berdarah. Selain itu, kelembapan yang tinggi memicu masalah kulit seperti gatal-gatal dan infeksi jamur.

Untuk menghadapi musim pancaroba dengan lebih baik, penting untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan yang efektif. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat diambil:

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan : Pastikan lingkungan sekitar rumah tetap bersih dan bebas dari genangan air. Buang sampah pada tempatnya dan lakukan pengurasan bak mandi secara rutin untuk mencegah berkembangbiaknya nyamuk.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh : Konsumsi makanan bergizi, perbanyak minum air putih, dan lakukan olahraga secara teratur. Mengkonsumsi vitamin C dan suplemen lain yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga sangat disarankan.

3. Menggunakan Pelindung Diri : Gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah untuk menghindari paparan virus dan bakteri. Juga, gunakan lotion anti-nyamuk saat berada di daerah yang rawan nyamuk.

4. Menjaga Pola Tidur : Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pastikan Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap harinya.

5. Meningkatkan Kesadaran dan Edukasi : Informasikan kepada keluarga dan lingkungan sekitar mengenai pentingnya menjaga kesehatan selama musim pancaroba. Edukasi tentang gejala awal penyakit dan langkah-langkah pencegahan sangat penting.

Pandangan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), kewaspadaan terhadap penyakit di musim pancaroba harus ditingkatkan melalui pendekatan preventif dan edukatif. Para ahli dari Unjani menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan imunitas tubuh. Mereka juga menyarankan agar pemerintah daerah aktif dalam melakukan penyuluhan kesehatan dan menyediakan fasilitas medis yang memadai.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik dalam bidang kesehatan, Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani menawarkan program pendidikan yang berkualitas dengan kurikulum yang komprehensif. Bergabunglah dengan Unjani untuk mendapatkan pendidikan terbaik dan menjadi bagian dari generasi muda yang siap menghadapi tantangan kesehatan di masa depan. Segera daftarkan diri Anda dan mulailah perjalanan akademis Anda bersama kami.

Dengan kewaspadaan yang tepat dan langkah-langkah pencegahan yang efektif, kita dapat menghadapi musim pancaroba dengan lebih baik dan menjaga kesehatan masyarakat tetap terjaga.

Untuk informasi lebih lanjut klik disini
https://pmb.unjani.ac.id/

The New UNJANI

Brosur

  • Brosur Teknik Elektro UNJANI

Alamat - UNJANI

Kampus Cimahi
Kampus Bandung
Tab Content #2

Sosial Media

Artikel Terbaru Kami

Di era bisnis 4.0, perkembangan teknologi mengubah lanskap bisnis secara […]
READ MORE »
July 8, 2024
Pelaku usaha sering kali dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam mengembangkan […]
READ MORE »
July 8, 2024
Dalam era digital yang semakin maju ini, banyak pelaku usaha, […]
READ MORE »
July 8, 2024
Banyak pelaku usaha di Indonesia, terutama dari kalangan UMKM, sering […]
READ MORE »
July 7, 2024
1 2 3 156

Hubungi Kami

SEKRETARIAT PMB :
UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD CIMAHI

KAMPUS CIMAHI :
Gedung Rektorat Unjani
Jl. Terusan Jend. Sudirman, Cibeber, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat 40531
Telp /Fax :022-6610223
Hp. 08112497890

KAMPUS BANDUNG:
Gedung Fakultas Teknologi Manufaktur (FTM)
Jl. Terusan Gatot Subroto Bandung
Telp/Fax : 022-7312741

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram