Contoh skripsi psikologi metode kualitatif guru luring
Skripsi Psikologi adalah penelitian ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa dalam rangka menyelesaikan studi tingkat sarjana di bidang psikologi.
Tujuannya adalah untuk menggali pengetahuan baru atau memperluas pemahaman yang ada dalam bidang psikologi.
Sedangkan metode kualitatif adalah salah satu metode penelitian yang digunakan untuk memahami fenomena secara mendalam, dengan fokus pada deskripsi dan interpretasi data yang diperoleh.
Guru Luring merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut guru yang mengajar secara daring atau online. Pada konteks skripsi ini, penelitian berfokus pada guru luring dalam bidang psikologi.
Tujuan dari skripsi ini adalah untuk menyelidiki pengalaman dan tantangan yang dihadapi oleh guru luring dalam mengajar psikologi.
Selain itu, skripsi ini juga bertujuan untuk memahami bagaimana metode kualitatif dapat digunakan dalam pemahaman fenomena yang terjadi pada konteks tersebut.
Penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam dengan beberapa guru luring yang mengajar psikologi.
Wawancara dilakukan dengan menggunakan pertanyaan terstruktur yang didesain untuk menggali pemahaman dan pengalaman guru dalam mengajar secara daring.
Selain itu, penelitian ini juga melibatkan observasi langsung terhadap praktik mengajar guru luring.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan beberapa hal menarik mengenai pengalaman guru luring dalam mengajar psikologi. Beberapa guru menyatakan bahwa mereka mengalami tantangan dalam membangun interaksi dan koneksi emosional dengan siswa melalui medium online. Selain itu, ada juga kesulitan dalam memastikan pemahaman siswa terhadap materi secara mendalam, karena keterbatasan waktu interaksi dan keterbatasan platform yang digunakan.
Di sisi lain, beberapa guru juga melaporkan keunggulan dari metode pengajaran daring ini.
Mereka menyebutkan bahwa adanya fleksibilitas waktu dan ruang membuat mereka dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih santai bagi siswa.
Selain itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran juga memungkinkan guru untuk menghadirkan berbagai sumber daya yang dapat mendukung pemahaman siswa.
Dari skripsi ini, dapat dipelajari beberapa hal penting.
Pertama, pentingnya mempertimbangkan tantangan yang dihadapi oleh guru luring dalam penentuan metode pengajaran yang efektif.
Apabila guru harus mengajar secara daring, mereka perlu memikirkan strategi untuk menjaga interaksi dan koneksi dengan siswa.
Kedua, perlu juga memahami keunggulan dari metode pengajaran daring, seperti fleksibilitas waktu dan ruang yang dapat mendukung kreativitas dan efektivitas belajar.
Dari sisi penelitian, skripsi ini juga membuktikan bahwa metode kualitatif dapat digunakan secara efektif dalam menggali fenomena yang berkaitan dengan pendidikan dan psikologi.
Dalam konteks skripsi ini, metode kualitatif memungkinkan peneliti untuk memahami pengalaman guru luring secara mendalam, yang tidak dapat dijelaskan hanya dengan menggunakan data kuantitatif.
Skripsi tentang pengalaman guru luring dalam mengajar psikologi menggunakan metode kualitatif adalah penelitian yang penting dalam konteks pendidikan dan psikologi.
Penelitian ini membuktikan bahwa guru luring menghadapi tantangan dalam membangun interaksi dengan siswa dan memastikan pemahaman materi secara mendalam.
Namun, metode pengajaran daring juga memiliki keunggulan dan fleksibilitas yang dapat mendukung pembelajaran siswa.
Dalam penelitian ini, metode kualitatif terbukti efektif dalam menggali pengalaman guru luring secara mendalam.
SEKRETARIAT PMB :
UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD CIMAHI
KAMPUS CIMAHI :
Gedung Rektorat Unjani
Jl. Terusan Jend. Sudirman, Cibeber, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat 40531
Telp /Fax :022-6610223
Hp. 08112497890
KAMPUS BANDUNG:
Gedung Fakultas Teknologi Manufaktur (FTM)
Jl. Terusan Gatot Subroto Bandung
Telp/Fax : 022-7312741