DAFTAR SEKARANG
Sekilas Info
Selamat Datang di Website Resmi PMB UNJANI | ...Selengkapnya

Melepaskan Anak Berkuliah di Kota Lain? Pastikan Keamanan dan Perlindungannya Terjamin!

Beranda / Blog / / Melepaskan Anak Berkuliah di Kota Lain? Pastikan Keamanan dan Perlindungannya Terjamin!
April 17, 2024
sub admin

Sebagai orang tua, melepas anak tercinta untuk berkuliah di kota lain tentu bukan hal yang mudah. Di satu sisi, rasa bangga dan bahagia menyelimuti karena anak melangkah maju menuju masa depan yang cerah. Namun, di sisi lain, kekhawatiran tentang keamanan dan perlindungan anak di kota yang asing tak terhindarkan.

Bagi Anda para orang tua yang ingin memastikan keamanan dan perlindungan calon mahasiswa saat berkuliah di kota lain, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Pilih Universitas dan Kota yang Aman
Langkah pertama, pilihlah universitas dan kota yang memiliki tingkat keamanan yang baik. Lakukan riset mendalam tentang tingkat kriminalitas, kondisi sosial, dan infrastruktur di kota tersebut. Pastikan pula universitas memiliki sistem keamanan yang memadai, seperti pos satpam 24 jam, CCTV, dan sistem pelaporan yang mudah diakses.

2. Bantu Anak Menemukan Tempat Tinggal yang Aman dan Nyaman
Tempat tinggal menjadi tempat utama anak Anda selama berkuliah. Pastikan anak memilih tempat tinggal yang aman, nyaman, dan mudah diakses ke kampus. Pertimbangkan untuk mencarikan kos atau apartemen di sekitar kampus atau area dengan akses transportasi yang mudah.

3. Ajarkan Anak Keterampilan Dasar Keamanan
Bekali anak Anda dengan pengetahuan dan keterampilan dasar keamanan diri, seperti:

Mengamankan barang bawaan: Ajarkan anak untuk selalu menyimpan barang berharga dengan aman, seperti di dalam tas atau lemari yang terkunci.

Menjaga komunikasi: Pastikan anak selalu memberitahu Anda tentang rencana dan keberadaannya. Ajarkan pula anak untuk menghubungi Anda atau orang dewasa yang dipercaya saat mereka merasa tidak aman.

Memahami lingkungan sekitar: Ajarkan anak untuk mengenali lingkungan sekitar tempat tinggalnya, termasuk rute aman menuju kampus dan tempat-tempat yang harus dihindari.

Berhati-hati saat menggunakan media sosial: Ingatkan anak untuk berhati-hati saat membagikan informasi pribadi di media sosial, dan hindari memamerkan barang berharga yang dapat menarik perhatian penjahat.

4. Bangun Komunikasi Terbuka dengan Anak
Jalin komunikasi yang terbuka dan hangat dengan anak. Pastikan anak merasa nyaman untuk menceritakan apa pun kepada Anda, termasuk jika mereka mengalami masalah atau merasa tidak aman. Berikan dukungan dan bimbingan kepada anak agar mereka mampu menyelesaikan masalahnya dengan bijak.

5. Pertimbangkan Asuransi Kesehatan dan Kecelakaan
Sediakan asuransi kesehatan dan kecelakaan untuk anak Anda. Asuransi ini dapat membantu meringankan beban jika anak mengalami sakit atau kecelakaan selama berkuliah.

6. Bantu Anak Beradaptasi dengan Lingkungan Baru
Berikan dukungan moral dan bantu anak beradaptasi dengan lingkungan baru. Dorong anak untuk bergabung dengan komunitas mahasiswa atau organisasi di kampus agar mereka lebih mudah mendapatkan teman dan merasa lebih nyaman di lingkungan baru.

7. Kunjungi Anak Secara Berkala
Sesekali, kunjungilah anak di tempatnya berkuliah. Kunjungan ini dapat membantu Anda melihat keadaan anak secara langsung dan memastikan mereka aman dan nyaman.

8. Selalu Doakan Anak untuk Keselamatannya
Doa orang tua merupakan kekuatan yang besar bagi anak. Selalu doakan anak Anda agar mereka selalu dilindungi dan diberikan keselamatan selama berkuliah di kota lain.

Menyiapkan anak berkuliah di kota lain memang penuh dengan tantangan. Namun, dengan persiapan yang matang dan komunikasi yang terbuka, Anda dapat membantu anak Anda menjalani masa perkuliahan yang aman, nyaman, dan penuh dengan kesuksesan.

Ingatlah, keamanan dan kebahagiaan anak adalah prioritas utama. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membantu anak Anda berkuliah dengan tenang dan mencapai mimpinya.

The New UNJANI

Brosur

  • Brosur Teknik Elektro UNJANI

Alamat - UNJANI

Kampus Cimahi
Kampus Bandung
Tab Content #2

Sosial Media

Artikel Terbaru Kami

Di era bisnis 4.0, perkembangan teknologi mengubah lanskap bisnis secara […]
READ MORE »
July 8, 2024
Pelaku usaha sering kali dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam mengembangkan […]
READ MORE »
July 8, 2024
Dalam era digital yang semakin maju ini, banyak pelaku usaha, […]
READ MORE »
July 8, 2024
Banyak pelaku usaha di Indonesia, terutama dari kalangan UMKM, sering […]
READ MORE »
July 7, 2024
1 2 3 156

Hubungi Kami

SEKRETARIAT PMB :
UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD CIMAHI

KAMPUS CIMAHI :
Gedung Rektorat Unjani
Jl. Terusan Jend. Sudirman, Cibeber, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat 40531
Telp /Fax :022-6610223
Hp. 08112497890

KAMPUS BANDUNG:
Gedung Fakultas Teknologi Manufaktur (FTM)
Jl. Terusan Gatot Subroto Bandung
Telp/Fax : 022-7312741

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram